Semrawut Pipa Pertamina Cilacap

Cilacap – Pemasangan pipa Pertamina yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 hingga kini Kamis, (24/9/2020) menyebabkan kemacetan di beberapa wilayah Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Selain itu rumah rumah warga yang dilintasi oleh jalur pipa juga mengalami penggusuran.

Pemasangan pipa distribusi BBM dari Cilacap menuju Yogyakarta dan Bandung ini memakan setengah badan jalan. Aktivitas eskavator dan pemasangan pipa menyebabkan kendaraan harus bergantian melewati jalan.

Beberapa pengendara mengeluhkan kemacetan yang terjadi setiap hari. “ Jadi lama mau kemana – mana mbak, jalan kita kan jarang macet yah. Ini setiap hari jadi macet,” ujar Safridhan, salah satu warga yang sering meliwati jalan antarprovinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini.

Safridhan juga mengatakan kalau kemacetan ini bisa sepanjang 500 meter jika sore hari atau saat akhir pekan.

Selain kemacetan, proyek yang diperkirakan akan selesai tahun 2021 ini juga mengakibatkan kerusakan di teras – teras rumah warga. Lapak lapak jualan di pinggir jalan juga harus rela digusur sementara.

Menurut Purwanti salah seorang warga teras rukonya harus tergusur, meskipun sudah mendapatkan uang ganti rugi ia masih terasa terganggu karena prosesnya yang lama dan menghambat aktivitasnya sehari hari.

“Saya susah kemana – mana mba sekarang, soalnya rumah saya keputus dengan jalan. Ini mau lewat kemana – kemana cuma pakai papan kayu kecil. Takut kecebur nanti mba,” jelas Purwanti.

Kondisi tersebut juga membuat ia terpaksa menutup tokonya karena tidak memungkinkan untuk berjualan. Ia berharap proyek ini cepat selesai dengan lancar agar semua bisa berjalan normal kembali.

Pertamina Cilacap merupakan salah satu dari tujuh unit jajaran pengolahan yang memiliki kapasitan produksi terbesar dan fasilitas terlengkap.

Tidak heran jika jalur jalur daerah Cilacap sering mengalami pemasangan pipa untuk jalur BBM. Meskipun pemasangan pipa dengan ukuran yang besar ini menghambat aktivitas, namun warga mendukung karena ini untuk kebaikan bersama. (MSN)

referensi :

https://www.solopos.com/pertamina-pasang-150-km-pipa-baru-cilacap-rewulu-1034768

https://industri.kontan.co.id/news/proyek-pipa-cilacap-bandung-cb-iii-ditargetkan-selesai-2021

https://www.wartaekonomi.co.id/read285465/pengembangan-pipa-pertamina-cilacap-bandung-iii-hampir-setengah-jalan

https://www.pertamina.com/id/refinery-unit-iv-cilacap

Diterbitkan oleh Mia Setya Ningsih

Seorang penulis yang mendalami studi Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta. Blog pribadinya menjadi wadah untuk menulis karya jurnalistik berupa artikel yang berhubungan dengan kebudayaan , wisata dan gaya hidup yang berkembang saat ini.

10 tanggapan untuk “Semrawut Pipa Pertamina Cilacap

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai